19 Tips dan Trik Melancarkan Ujian Sekolah

Kamu pasti setuju kalo minggu ujian sekolah adalah minggu yang paling bikin stres karena harus belajar terus-terusan. Makan ga enak, tidur pun tiada nyenyak. Tapi ternyata kamu bisa kok mengurangi tingkat stres selama minggu ujian dengan cara belajar yang asik, nih kami kasih beberapa tips dan triknya :

1. Emut permen karet

Belajar sambil ngemut permen karet bisa mendorong semangat belajar kamu, lho! Tapi jangan ngemut permen karet yang kemanisan ya, soalnya bisa bikin kamu batuk dan malah ga konsen belajarnya.

2. Belajar di ruang terbuka

Coba deh kamu belajar di ruangan terbuka yang suasananya tenang biar ga bosen liat dinding mulu, hal ini bisa mengurangi rasa frustasi kamu karena terus-terusan belajar.

3. Jangan belajar di tempat tidur atau sambil nyender

Belajar kayak gitu tuh yang bikin kamu cepet ngantuk dan jadinya gak belajar. Paling bagus tuh belajar dengan posisi tegak tapi santai.

4. Kalo tetep aja ngantuk, lakukan peregangan

Nah kalo kamu udah belajar dengan posisi yang benar tapi tetep aja ngantuk, coba lakukan peregangan sekitar 3 menit biar kamu kembali melek dan segar.

5. Belajar harus punya jeda

Biar belajarnya ga bosen, kamu harus bikin jeda. Misalnya setelah 25 menit belajar, kamu bisa berhenti selama 5 menit, terus mulai lagi deh.

6. Tempat belajar harus bersih dan rapi

Kalau tempat belajar kamu berantakan dan kotor pasti mood kamu untuk belajar juga ga bagus. Makanya sebelum mulai belajar, pastikan tempat belajar kamu bersih dan rapi.

7. Belajar dengan cahaya cukup

Jangan belajar di tempat yang cahayanya remang-remang atau bahkan cenderung gelap. Selain bisa bikin kamu ngantuk, cahaya yang kurang juga memacu rasa depresi dalam belajar lho!

8. Tidur yang cukup

Jangan terlalu memforsir diri kamu untuk belajar terus-terusan. Kamu perlu istirahat yang cukup. Kebanyakan begadang justru bakal bikin kamu lupa sama apa yang udah kamu pelajarin dan mengurangi daya konsentrasi kamu.

9. Hindari internet

Dalam hal ini maksud kami hindari internet kalo kamu cuma mau buka facebook, instagram, twitter, dan komplotan-komplotannya. Social media bisa bikin konsentrasi kamu buyar.

10. Menulis lebih baik daripada mengetik

Coba deh setelah kamu baca-baca pelajarannya, kamu bikin ringkasan dengan tulisan tangan. Hal itu bisa bikin kamu lebih ingat materi yang kamu pelajari dibandingkan kamu ngetik di computer atau hanya sekedar baca aja.

11. Belajar sambil menggambar

Cara ini bisa banget dilakukan biar kamu ga penat ngeliat tulisan-tulisan di buku. Misalnya kalo kamu belajar tentang proses fotosintesis, gambar aja prosesnya, pasti lebih menarik.

12. Olahraga teratur

Olahraga teratur biar tubuh kamu tetap fit dan segar, biar ga gampang sakit menghadapi hari-hari yang berat.

13. Belajar sambil nyanyi

Ini ngebantu banget kalo kamu harus ngehafal. Coba aja ganti lirik lagu kesukaan kamu dengan materi yang harus kamu hafal, pasti otak kamu jadi lebih gampang buat ngehafal.

14. Makan yang bener

Kurangi makan junk-food dan cemilan-cemilan yang mengandung MSG dan gula. Banyakin makan buah dan makan dengan pola 4 sehat 5 sempurna.

15. Cintai pelajaran yang kamu pelajarin

Kalo kamu aja udah benci sama pelajarannya, ga mungkin kamu bisa senang belajarnya. Jadi, mulai sekarang coba tumbuhkan rasa cinta kamu sama semua pelajaran.

16. Minum air pas lagi ujian

Kalo kata BBC, anak yang minum air pas ujian nilainya 5% lebih bagus daripada yang ga. Coba aja dibuktiin.

17. Jangan dengerin lagu rock, up-beat, atau dangdut saat belajar.

Bukan malah belajar, bisa-bisa kamu jadi joget-joget atau ikutan nyanyi. Kalau kamu tipe orang yang harus dengerin musik, mending denger instrumen, lagu klasik, atau lagu jazz.

18. Belajar bareng temen

Belajar bareng bisa saling melengkapi materi yang dikuasai satu sama lain. Tapi kamu harus tahu tipe temen yang kamu ajak belajar bareng. Jangan yang suka gosip, ntar kamu malah ngegosip bareng.

19. Meditasi

Meditasi bisa membuat pikiran jadi relax dan mengurangi tingkat stres. Wah pas banget dilakuin untuk menghadapi ujian sekolah.

STUDY TOUR SURABAYA


Pada Sabtu, 22 Maret 2014 SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang mengadakan Study Tour ke Surabaya. Tetapi hanya wajib untuk kelas 7 saja yang mengikutinya. Tujuannya yang pertama adalah ke Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan, adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Koordinat: 7,245808°LS 112,737785°BT. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan. Tugu Pahlawan berdiri pada tanggal 10 November 1951 di resmikan pada tanggal 10 november 1952 oleh Bung Karno / Ir. Soekarno.


Tujuan yang ke dua adalah Taman Bungkul. Awal mula nama taman bungkul memang tidak lepas dari nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya, beliau adalah Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul yang makamnya terdapat di belakang taman ini dan sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah. Sejak diresmikan pada 21 Maret 2007, Taman Bungkul memang semakin menarik dan mempesona. Salah satunya dikarenakan sarana yang melengkapinya bisa dibilang tergolong komplet, seperti skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera pun ada.


Tujuan yang selanjutnya adalah Kebun Bibit. Taman Kebun Bibit merupakan taman yang menarik dengan aneka tumbuhan tropis dengan berbagai jenis pohon. Tidak kurang dari seribu pohon tumbuh di sana hingga dapat memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan udara yang segar.


Dan tujuan yang terakhir adalah Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran terletak di kecamatan Kenjeran di timur Surabaya, sekitar 9 Km dari pusat kota. Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua pantai, mereka Pantai Kenjeran Lama dan Baru. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Kenjeran Lama adalah menikmati panorama pantai, memancing, berlayar, dan membeli ikan laut. Sementara kegiatan di New Kenjeran Beach biada digunakan untuk kegiatan olahraga, seperti, Tenis, Balap Motor, Pacuan kuda,, Berenang, Memancing, Taman Bermain, dan tempat ibadah.

PELAKSANAAN UAS dan UTS

Pelaksanaan UAS dan UTS sudah dilaksanakan sejak Senin, 17 Maret 2014 kemarin. Ulangan ini dilaksanakan sampai hari Kamis nanti karena. Pelaksanaan UAS peserta ujiannya adalah anak kelas 9, sedangkan UTS pesertanya adalah anak kelas 7 dan 8. Sebelum masuk kelas dan mengerjakan soal, para siswa mengikuti apel yang dilaksanakan setiap paginya. Mengecek kerapian dan ketertiban para siswa dalam mengikuti Ulangan. Tetapi masih banyak pula yang tidak mentaati peraturan yang ada di sekolah. Dan yang banyak melanggar peraturan adalah siswa laki-laki, pelanggarannya adalah tidak memakai kaos kaki. Jadi siswa yang melanggar harus berhadapan dengan guru BK dan harus siap mendapatkan sanksi yang diberikan.
Setelah pelaksanaan UAS dan UTS selesai, maka langsunglah disusul dengan UAM (Ujian Akhir Muhammadiyah) yang di laksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu (21/22) mendatang. Tetapi peserta UAM ini hanya siswa kelas 9 saja.
mudah-mudahan siswa siswi kita bisa mengerjakan soal dengan baik dan benar serta yang paling penting adalah rajin belajar.

PIDATO BUNG TOMO


Bismillahirrohmanirrohim..
MERDEKA!!!

Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh Indonesia
terutama saudara-saudara penduduk kota Surabaya
kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini
tentara inggris telah menyebarkan pamflet-pamflet
yang memberikan suatu ancaman kepada kita semua
kita diwajibkan untuk dalam waktu yang mereka tentukan
menyerahkan senjata-senjata yang telah kita rebut dari tangannya tentara jepang
mereka telah minta supaya kita datang pada mereka itu dengan mengangkat tangan
mereka telah minta supaya kita semua datang pada mereka itu dengan membawa bendera puitih tanda bahwa kita menyerah kepada mereka

Saudara-saudara
di dalam pertempuran-pertempuran yang lampau kita sekalian telah menunjukkan
bahwa rakyat Indonesia di Surabaya
pemuda-pemuda yang berasal dari Maluku
pemuda-pemuda yang berawal dari Sulawesi
pemuda-pemuda yang berasal dari Pulau Bali
pemuda-pemuda yang berasal dari Kalimantan
pemuda-pemuda dari seluruh Sumatera
pemuda Aceh, pemuda Tapanuli, dan seluruh pemuda Indonesia yang ada di surabaya ini
di dalam pasukan-pasukan mereka masing-masing
dengan pasukan-pasukan rakyat yang dibentuk di kampung-kampung
telah menunjukkan satu pertahanan yang tidak bisa dijebol
telah menunjukkan satu kekuatan sehingga mereka itu terjepit di mana-mana

hanya karena taktik yang licik daripada mereka itu saudara-saudara
dengan mendatangkan presiden dan pemimpin2 lainnya ke Surabaya ini
maka kita ini tunduk utuk memberhentikan pentempuran
tetapi pada masa itu mereka telah memperkuat diri
dan setelah kuat sekarang inilah keadaannya

Saudara-saudara kita semuanya
kita bangsa indonesia yang ada di Surabaya ini
akan menerima tantangan tentara inggris itu
dan kalau pimpinan tentara inggris yang ada di Surabaya
ingin mendengarkan jawaban rakyat Indoneisa
ingin mendengarkan jawaban seluruh pemuda Indoneisa yang ada di Surabaya ini
dengarkanlah ini tentara inggris
ini jawaban kita
ini jawaban rakyat Surabaya
ini jawaban pemuda Indoneisa kepada kau sekalian

hai tentara inggris
kau menghendaki bahwa kita ini akan membawa bendera putih untuk takluk kepadamu
kau menyuruh kita mengangkat tangan datang kepadamu
kau menyuruh kita membawa senjata2 yang telah kita rampas dari tentara jepang untuk diserahkan kepadamu
tuntutan itu walaupun kita tahu bahwa kau sekali lagi akan mengancam kita
untuk menggempur kita dengan kekuatan yang ada
tetapi inilah jawaban kita:
selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah
yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih
maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga

Saudara-saudara rakyat Surabaya, siaplah! keadaan genting!
tetapi saya peringatkan sekali lagi
jangan mulai menembak
baru kalau kita ditembak
maka kita akan ganti menyerang mereka itukita tunjukkan bahwa kita ini adalah benar-benar orang yang ingin merdeka

Dan untuk kita saudara-saudara
lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka
semboyan kita tetap: merdeka atau mati!

Dan kita yakin saudara-saudara
pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita
sebab Allah selalu berada di pihak yang benar
percayalah saudara-saudara
Tuhan akan melindungi kita sekalian

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!
MERDEKA!!!

TRY OUT DINAS

Untuk melatih para siswa maka perlu diadakan TRY OUT untuk mengetahui seberapa mampu otak untuk berfikir pada pelajaran. tak heran kalau masih banyak anak yang tidak memperdulikan tentang soal-soal atau cara mengerjakan soal ujian. Kebanyakan anak-anak masih suka bermain, seperti sms.an, main game, PS, hura-hura, dsb. Mereka tak peduli dengan kesehatan, padahal bahwasanya kesehatan itu sangat penting bagi semua orang, apalagi calon peserta Ujian Nasional. bahaya juga kan kalau sampai gak ikut Ujian Nasional, bisa-bisa gak lulus dech.
Maka dari itu perlu diingat bagi para siswa-siswi yang akan menghadapi Ujian Nasional, jagalah kesehatan, kurangi bermain atau smz.an, seringlah mengerjakan soal agar kalian terbiasa menghadapi soal-soal yang akan diujikan nantinya.
Siap atau gak siap SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang harus tetap siap untuk mengikuti TRY OUT DINAS yang diselenggarakan sejak Senin, 10 Maret 2014 kemarin, dan selesai pada Kamis besok. Untuk anak kelas 9 harus semangat yach…karena TRY OUT ini bukan yang terakhir, masih banyak sekali yang harus kalian hadapi nanti.
selamat belajar semua….! :D

JUARA DRUMBAND

Minggu, 8 Maret 2014 SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang mengikuti parade drumband tingkat kabupaten yang di laksanakn di Gedung Kecamatan Balongpanggang. Banyak dari kalangan sekolah yang menampilkan kresi drumbannya. Bahkan ada peserta yang berasal dari Mojokerto, Lamongan dan Sidoarjo. Dan lebih banyak lagi peserta dari daerah Gresik.
Dengan berbekal latihan tiap seminggu sekali, tetapi SMP Muhammadiyah sangat siap untuk mengikuti parade drumband tersebut. Tak heran apabila SMPM2 meraih juara. Dan alhamdulillah SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang meraih juara 3. Dengan meraihnya juara ini SMPM2 harus lebih giat berlatih lagi supaya bisa mendapatkan juara Pertama.

Kenapa bulan Februari hanya 28 hari ?

Kenapa bulan Februari sangat berbeda jumlah harinya dibandingkan bulan lainnya? dan akhirnya saya mendapatkan jawabannya.
Setelah menjelajah kesana kemari saya baru mengerti bahwa hampir sebagian besar nama bulan yang sering kita dengar berasal dari jaman Romawi, seperti bulan Juli yang sebenarnya asal muasalnya dari Julius Caesar, atau bulan Agustus yang sebelumnya bernama Sextilis namun diubah oleh Caesar Agustus menjadi August (Agustus) atau seperti Februari yang berawal dari nama salah satu Dewa pada jaman Romawi yaitu Februus.
Dalam sejarahnya dulu bulan Februari adalah 29 hari setiap tahunnya dan akan menjadi 30 hari ketika mengalami tahun kabisat. Kemudian dirubah menjadi 28 hari oleh Caesar Agustus dan hari itu dipindahkan pada bulan Agustus. Itu sebabnya pada bulan Juli dan Agustus semuanya berjumlah 31 hari.
Tahun Kabisat sendiri menurut kebanyakan orang adalah tahun yang habis dibagi 4. Misalkan seperti tahun 1992, 1996 atau 2004. Pembagian empat ini tidak berlaku jika tahun tersebut merupakan tahun yang angka dibelakangnya adalah memiliki dua nol seperti 2000, 1900 atau 1800. Untuk tahun yang memiliki dua angka nol dibelakang dapat dianggep sebagai tahun kabisat jika habis dibagi dengan angka 400 seperti misalnya tahun 2000.
Lalu kenapa setiap tahun kabisat hanya bulan Februari yang ditambahkan harinya? ini juga sempat saya pikirkan dan dulu saya sempat berpikir mungkin karena februari adalah paling sedikit jumlah harinya sehingga hari berlebih itu jatuh pada bulan februari :-D , namun ternyata menurut penjelasan dalam wikipedia semakin membuat saya paham kenapa kabisat jatuh pada bulan Februari.
Ah akhirnya pertanyaan saya tentang Februari ini bisa terjawab.

Sosialisasi Dana BSM

Untuk sosialisasi Pencairan Dana BSM maka SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang mengundang wali murid dari siswa siswi yang mendapatkan dana BSM. Rapat wali murid dilaksanakan pada hari ini Jum’at, 28 Februari 2014 pukul 08.00 WIB. Semoga sosialisasi ini berjalan dengan lancar. Amiiinnn…!

TIPS ANAK RAJIN BELAJAR

Saat mendengar kata “belajar”, banyak anak yang enggan untuk melakukannya. Biasanya para orangtua yang selalu teriak-teriak dahulu untuk menyuruh anaknya belajar. “Anak saya itu kalau sudah disuruh belajar, selalu ngumpet. Kalau sudah ketemu, dia lari bersembunyi di tempat lain. Sampai rasanya jengkel sekali,” begitu katanya. Sebagai orang tua tentunya kita ingin agar anak kita menjadi pintar dan tidak ketinggalan pelajaran, tetapi bagaimana caranya supaya anak mau disuruh belajar? Dibawah ini merupakan beberapa tips agar anak agar tidak malas belajar:
1. Jadilah contoh yang baik buat anak.
Orang tua merupakan panutan dari anaknya, oleh karena itu kita harus memberikan contoh terbaik agar ditiru oleh anak. Saat orang tua menyuruh dan mengawasi anak belajar, usahakan agar Anda juga terlihat seperti mempelajari sesuatu, misalnya dengan membaca buku. Sesekali ajak anak Anda untuk berdiskusi mengenai suatu topik yang hangat. Dengan begitu anak melihat bahwa orang tuapun ikut belajar.
2. Pilihlah waktu belajar yang baik.
Ketika anak merasa capek, ia akan enggan untuk melakukan apa saja. Oleh karenanya, coba pilihlah waktu yang tepat dimana anak sedang merasa segar untuk melakukan sesuatu, termasuk kegiatan belajar. Anda dapat mencoba di sore hari saat anak sudah mandi sore.
3. Buatlah jadwal belajar.
Anak cenderung untuk melakukan sesuatu yang pasti. Dengan membuat jadwal belajar secara rutin, anak akan mengerti bahwa jam yang ditentukan tersebut merupakan waktunya untuk belajar.
4. Kenali daya konsentrasi anak Anda.
Setiap anak memiliki daya konsentrasi yang berbeda-beda. Coba amati anak Anda, apakah ia tipe anak yang dapat berkonsentrasi selama 2 jam penuh atau hanya 30 menit. Apabila anak Anda merupakan tipe daya konsentrasi pendek, berikan istirahat sejenak disela-sela waktu belajar, setelah itu, anak dapat meneruskan kegiatan belajarnya lagi.
5. Berikan bantuan saat anak membutuhkannya.
Saat mengerjakan PR, kadang anak menemui soal yang sulit untuk dikerjakannya. Coba berikan bantuan saat ia membutuhkannya dengan cara menjelaskan bagaimana untuk menyelesaikan soal tersebut. Dengan begitu, anak dapat mengetahui bagaimana cara mengerjakannya tanpa harus terjebak di soal yang sulit.

Semoga tips diatas dapat membantu dan para orangtua tidak perlu teriak-teriak dan kejar-kejaran dengan anaknya lagi …

Amanat Upcara

Bersukurlah kepada Allah SWT karena nikmat Allah yang berupa kesehatan telah diberikan kepada kita semua sehingga pada pagi ini kita bisa beraktifitas dengan sebaik mungkin.
Amanat pada hari ini di SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang :
1. Mengulang tentang pentingnya disiplin
Kunci orang yang sukses adalah disiplin dan sabar. Apabila sukses tetapi tidak ada kedisiplinan maka tidak akan pernah menjadi orang yang teladan dimana pun keberadaannya. Hal ini sering disampaikan, tetapi masih banyak siswa siswi yang masih sering terlambat masuk sekolah. jangan buat perilaku ini menjadi sebuah tradisi. Karna apa yang kita perbuat, kita tidak akan sadar bahwa tingkah laku kita diamati oleh orang lain
2. Belajar tanggung jawab
Kita harus memulai berfikir, apabila ke sekolah untuk menuntut ilmu. Setiap hari kita harus menilai diri kita sendiri ilmu apa yang didapat hari ini. Ilmu dari sekolah atau ilmu kehidupan yang lainnya. Evaluasi diri kita sendiri, jangan sampai kita rugi dalam menjalani hari-hari.
3. Mengingatkan masalah kebersihan
Guru tidak pernah lelah mengingatkan masalah kebersihan. Masih banyak anak yang membuang sampah sembarangan. Ini akan menjadi kebiasaan bukan hanya di sekolah, mungkin di tempat lain juga seperti itu. Mulailah dari diri sendiri. Marilah kita biasakan kebiasaan yang baik terutama buang sampah pada tempatnya. Jagalah lingkungan kita. Jangan sampai alam menjadi murka dan bencana melanda kita. Ingatlah kebersihan sebagian dari iman.